Kamis, 16 Juni 2011

Tampil Percaya Diri Di Depan Publik

Istilah “demam panggung” barangkali pernah dirasakan oleh sebagian besar orang. Saat hendak maju tampil di depan publik, persiapan yang sudah dilakukan sebelumnya seolah-olah lenyap begitu saja.
Tapi, percayalah, itu adalah hal yang wajar saja. Kehilangan percaya diri di depan publik-meski sejenak-banyak juga dialami oleh tokoh yang sudah sering kali tampil di depan publik sekali pun. Baik guru yang sudah mengajar berkali-kali, pembicara yang sudah berseminar di mana-mana, hingga artis terkenal pun pasti pernah mengalami hal yang sama.
Memang, tak sekadar butuh keberanian untuk tampil di depan publik. Latihan terus-menerus, menyiapkan materi dengan sungguh-sungguh, adalah tips yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Tentu, masih banyak tips lain yang jika dipraktikkan dengan kesungguhan, akan mampu membuat kita bisa tampil lebih percaya diri. Berikut beberapa di antaranya:
  • Pahami materi dan bahan pembicaraan yang akan disampaikan dengan sungguh-sungguh. Pelajari dan perkaya dengan berbagai materi penunjang sehingga kita bisa lebih siap.
  • Cari tahu siapa publik di depan kita. Dengan mengetahui kepada siapa berhadapan, kita bisa menyesuaikan bahasa, gestur, hingga penampilan seperti apa yang pantas untuk lebih mudah akrab.
  • Jika mungkin, tinjau juga ruangan di mana kita akan bicara. Menguasai ruangan akan lebih meningkatkan kepercayaan diri.
  • Konsentrasilah pada pesan yang akan disampaikan, bukan pada media yang digunakan. Dengan begitu, kita akan fokus pada materi.
  • Jaga diri agar tetap santai. Memperbanyak senyuman akan membuat kita terasa lebih rileks.
  • Jangan meminta maaf untuk kecanggungan yang mungkin terjadi. Orang sebenarnya akan lebih memperhatikan apa yang kita sampaikan daripada kesalahan-kesalahan kecil yang kita buat.
  • Visualisasikan saat berlatih bicara, bahwa kita sudah di depan banyak orang yang sedang bertepuk tangan menyambut kita. Visualisasi ini akan membuat kita lebih percaya diri dan santai.
  • Ingat bahwa kita lebih menguasai materi dibanding mereka yang mendengarkan. Dengan cara ini, kita akan lebih percaya diri meskipun khalayak yang dihadapi adalah orang-orang top sekali pun.
  • Penampilan kadang menjadi kunci utama untuk membuka kesan. Karena itu, jaga penampilan yang sopan dan rapi, atau disesuaikan dengan suasana.
  • Latihan, latihan, dan latihan. Itulah kunci utama yang membuat kita bisa selalu percaya diri. Usaha kita memperbanyak jam terbang tampil di depan umum akan membuat kita lebih mudah bicara di depan publik.
  • Pelajari juga cara orang lain saat berbicara di depan publik. Belajar, belajar, dan belajar terus-menerus dari banyak media akan membuat kita makin terasah kemampuannya bicara di depan publik.
http://www.sampoernafoundation.org/Tips/tampil-percaya-diri-di-depan-publik.html
 

0 komentar:

Posting Komentar